Saturday, February 12, 2011

Sejarah Safari


Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagisistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web bawaan (default) di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untukWindows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.


Sampai tahun 1997, Apple Macintosh komputer telah dikirimkan dengan Netscape Navigator saja. Internet Explorer untuk Mac kemudian disertakan dengan Mac OS 8,1 dan seterusnya sebagai default web browser, sebagai bagian dari lima tahun perjanjian antara Apple dan Microsoft. Namun, Netscape Navigator lanjutan untuk disertakan. Microsoft merilis tiga besar versi Internet Explorer untuk Mac yang digabungkan dengan Mac OS 8 dan Mac OS 9. Microsoft selanjutnya merilis Mac OS X edisi Internet Explorer 5, yang dimasukkan sebagai browser default di semua rilis Mac OS X dari Mac OS X DP4 sampai Mac OS X v10.2.
Pada tanggal 7 Januari, 2003, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah dikembangkan sendiri web berdasarkan KHTML rendering mesin, yang dinamakan Safari. Mereka merilis versi beta pertama pada hari itu dan sejumlah resmi dan tidak resmi versi beta diikuti, sampai versi 1,0 dirilis pada 23 Juni 2003. Tersedia sebagai download terpisah pada awalnya, ia disertakan dengan Mac OS X v10.3 rilis pada 24 Oktober 2003, sebagai default browser, dengan Internet Explorer untuk Mac disertakan hanya sebagai alternatif browser. Sejak rilis Mac OS X v10.4 pada 29 April 2005, Safari adalah satu-satunya web browser disertakan dengan sistem operasi.
Pada bulan Juni 2005, setelah beberapa kritikan dari KHTML pengembang atas kurangnya akses untuk mengubah log, Apple pindah pengembangan sumber dan kode pelacakan bug dari WebCore dan JavaScriptCore ke OpenDarwin.org. WebKit sendiri juga dirilis sebagai open source. Kode sumber untuk non-renderer aspek browser, seperti GUI elemen, tetap eksklusif.
Dari Safari versi 2.0, dirilis pada 29 April 2005 dan berjalan hanya pada Mac OS X 10.4.x (Tiger) atau yang lebih baru, versi ini adalah sebagai touted oleh Apple yang memiliki kecepatan 1,8 kali lebih meningkatkan versi 1.2.4.
Pada bulan April 2005, Dave Hyatt, salah satu pengembang di Apple Safari, didokumentasikan nya kemajuan fixing bug di Safari mendapatkannya untuk lulus tes Acid2. Pada tanggal 27 April 2005, ia mengumumkan bahwa pembangunan Safari versi sekarang lulus tes, sehingga web browser pertama untuk melakukannya. Perubahan yang awalnya tidak tersedia bagi pengguna akhir, kecuali mereka-download dan dikompilasi dengan sumber WebKit kode berlari sendiri atau salah satu malam otomatis membangun tersedia di opendarwin.org. Namun pada 31 Oktober 2005, Apple merilis versi 2.0.2 dari Safari yang meliputi perbaikan bug Acid2.
Pada tanggal 9 Januari 2007, secara resmi mengumumkan Jobs dari Apple iPhone, yang menggunakan sebuah versi yang dikenal sebagai browser Safari MobileSafari. Sekarang ini memiliki mesin yang sama javascript (Nitro) sebagai desktop di banding hanya 3,0 iPhone.

No comments:

Post a Comment